Atur Tagihan Bimbel Terjadwal dengan Aplikasi Invoice

Atur-Tagihan-Bimbel-Terjadwal-dengan-Aplikasi-Invoice

Aplikasi Invoice nyatanya menjadi salah satu hal yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas pemilik bimbingan belajar. Percaya atau tidak, walaupun kedengarannya permasalahan simple akan tetapi memiliki dampak yang luar biasa. Menjadi begitu penting ketika pemilik bimbel ingin meningkatkan performa dan kualitas layanan mereka.

Walaupun sebatas aktivitas penagihan pembayaran bimbel namun bagaimana jika data yang ditagih menumpuk dengan jumlah yang banyak? Tak hanya mengorbankan waktu dan tenaga tetapi juga berpengaruh pada performa layanan bimbel anda sendiri.

Masalah Penagihan Pada Bimbel yang Kerap Terjadi

Tanpa disadari, kebutuhan justru datang dan terlihat ketika anda sudah mengalami masalah dan hambatan. Sebagian besar pemilik bimbel kerap kurang memperhatikan hal-hal kecil yang justru penting untuk dilakukan. Berikut beberapa permasalahan penagihan yang kerap terjadi pada pemilik bimbingan belajar:

1. Banyaknya Jumlah Siswa Sehingga Penagihan Kurang Dikelola dengan Baik

Ketika jumlah siswa bimbel semakin bertambah, tidak mudah bagi lembaga bimbingan belajar untuk memperhatikan kebutuhan administrasi tiap siswa. Akibatnya tidak jarang terjadi gagal penagihan atau double penagihan akibat sistem penagihan yang kurang dikelola dengan baik.

Ketika kondisi tersebut berulang dan tidak ditangani dengan serius, memperbesar kemungkinan turunnya kepercayaan customer terhadap layanan bimbingan belajar anda. 

2. Penagihan ‘Seingatnya’ atau Tidak Terjadwal

Secara alami, manusia tidak dapat terlepaskan oleh kekurangan mengingat sesuatu atau kelupaan. Menurut seorang ahli, Miller, meneliti bahwa seseorang mempunyai limitasi dalam mengingat sesuatu seperti angka dalam jumlah yang banyak. Limitasi ini berpengaruh pada performa kerja mereka saat membagi tugas.

Hal ini diperkuat dengan teori memori jangka pendek, dimana memori ini bersifat terbatas dari kapasitas atau durasi. Informasi yang didapat cenderung hilang hanya dalam waktu 20-30 detik bila tidak diulang.

Menggunakan penagihan dengan cara manual yang belum menggunakan aplikasi invoice, memberi peluang kesalahan dan gagal tagih karena kelupaan. Hal inilah yang mendorong penagihan menjadi tidak terjadwal dan kurang terorganisir dengan baik.

3. Tidak Adanya Notifikasi Setelah Pembayaran Terselesaikan

Salah satu fitur aplikasi yang memberikan keuntungan bagi masyarakat adalah notifikasi. Notifikasi berperan sebagai pengingat atau reminder bagi para penggunanya sehingga tanpa membuka aplikasi, pengguna dapat langsung mengetahui informasi tertentu.

Pernahkah anda mengalami kondisi ketika siswa bimbel mengkonfirmasi telah membayarkan tagihan, namun tidak ada bukti? Penagihan secara manual, tidak terintegrasi dengan sistem apapun sehingga kemungkinan besar harus dikonfirmasi secara manual. Konfirmasi secara manual, biasanya membuka kemungkinan terjadinya kecurangan yang terjadi.

Menggunakan Aplikasi Invoice sebagai Sistem Penagihan Terjadwal

Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati, sama halnya dengan penagihan. Sebelum beberapa masalah diatas mengganggu produktivitas usaha bimbingan belajar anda, ada baiknya memulai untuk memikirkan solusinya.

Pengiriman dan penagihan pembayaran secara otomatis menggunakan aplikasi invoice menjadi salah satu kemudahan bagi anda. Aplikasi yang sudah terintegrasi dengan sistem memungkinkan anda melakukan penagihan secara cepat tanpa membutuhkan rentan waktu yang lama. 

Kasdana merupakan aplikasi invoice online yang menawarkan berbagai kemudahan penagihan pembayaran bimbel. Dengan Kasdana, anda dapat mengoptimalkan bisnis anda dengan:

1. Instant Invoice (Pengiriman Lewat Email atau Whatsapp)

Penyusunan Invoice pada ekosistem administrasi bimbel merupakan proses yang membutuhkan waktu lama. Bukan menjadi sebuah masalah ketika jumlah invoice yang anda susun tidak dalam jumlah yang banyak. Namun bagaimana jika jumlah yang disusun jumlahnya tidak terbatas?

Salah satu fitur Kasdana yang bisa anda dapatkan adalah instant invoice sehingga memudahkan penagihan pada siswa bimbel. Tanpa membutuhkan waktu lama, invoice anda dapat tersusun dengan cepat.

2. Penagihan Terjadwal (Terorganisir)

Penggunaan aplikasi invoice memberikan kemudahan untuk anda terutama untuk mengatur jadwal penagihan.  Dengan begitu, anda dapat mengoptimalkan aktivitas penagihan secara menyeluruh.

Sistem penagihan terjadwal pada Kasdana akan mengirimkan pemberitahuan tagihan pada customer dengan email maupun pesan teks. Sehingga customer akan segera mengetahui jumlah tagihan mereka. Fitur yang satu ini akan membantu anda memaksimalkan waktu dan memastikan customer membayar tepat waktu.

3. Terintegrasi Metode Pembayaran yang Lebih Lengkap

Ketika customer ingin melakukan transaksi, mereka cenderung memilih menggunakan metode pembayaran yang sama dengan yang mereka miliki. Hal ini didorong oleh keinginan mereka untuk menghindari pembebanan biaya admin. Adanya kondisi ini secara tidak langsung akan berpengaruh pada kepuasan customer.

Menggunakan aplikasi invoice online, terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran. Sehingga customer akan jauh lebih mudah bertransaksi dengan metode pembayaran pilihan mereka, tanpa memikirkan biaya admin.

4. Notifikasi Pemberitahuan Penagihan

Lewat fitur Kasdana yang satu ini, secara otomatis, anda akan menerima pesan notifikasi ketika penagihan anda berhasil dan sudah dibayarkan. Sehingga anda tidak perlu melakukan kroscek data tagihan berulang.

5. Laporan Penagihan yang Siap Cetak

Kasdana membantu memanfaatkan waktu anda secara lebih optimal. Dengan fitur laporan penagihan yang lengkap, detail dan siap cetak, anda tidak perlu lagi melakukan editing maupun merapikan kembali.

Kesimpulan

Sebagai pemilik bimbingan belajar, anda dituntut untuk dapat menyeimbangkan strategi pemasaran dan administrasi. Berkembangnya teknologi digital dengan segala kemudahannya, memaksimalkan layanan bimbel anda dengan aplikasi invoice Kasdana. 

Bersiaplah mengautomisasi penagihan pembayaran bimbel anda dengan Kasdana. Ada pertanyaan? Butuh Info lebih lanjut? Konsultasikan kebutuhan invoicing anda bersama tim Kasdana!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KASDANA | INVOICING SOFTWARE

Solusi berbasis cloud yang memudahkan pemilik usaha / enterprise dalam mengelola tagihan (invoice) kepada pelanggan secara online.

Office

Head Office: UGM Science Techno Park – Jl. Purwomartani, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

Jakarta Office: Eco Selaras Sudirman Residence Lt. 2, Jl. Jend. Sudirman No.86, Jakarta Pusat – 10250

© 2024 Kasdana powered by Gamatechno. All Rights Reserved