Memaksimalkan Google Business Profile untuk Bimbel

Memaksimalkan-Google-Business-Profile-untuk-Bimbel

Jika Anda sedang merintis bisnis bimbingan belajar atau bimbel, atau mungkin Anda sudah dan sedang menjalankan bisnis bimbel, khususnya jika bimbel Anda dikelola dengan sistem berbasis online, maka ini artikel yang tepat untuk optimasi bisnis bimbel Anda. Jika marketing bisnis bimbel Anda berfokus pada marketing online, Anda bisa mencoba untuk meningkatkan Search Engine Optimization (SEO) Anda. Google Business Profile adalah sarana yang tepat untuk memulai pengoptimalan SEO bisnis Anda.

Mulanya dikenal sebagai Google My Business, Google Business Profile merupakan sebuah tool yang tidak hanya mudah untuk digunakan saja tetapi juga menempatkan informasi bisnis langsung di depan konsumen yang potensial. 

Selain itu, Google Business Profile juga membantu Anda menampilkan informasi dengan format yang mudah untuk dibaca dan mulai membangun keberadaan internet. Yuk, kenali lebih jauh tentang si Google Business Profile ini. Apa, sih, sebenarnya Google Business Profile itu? Baca artikel ini sampai habis, ya.

Apa itu Google Business dan Apa Manfaatnya?

Pada awalnya dikenal dengan nama Google My Business, Google Business Profile adalah sebuah tool bisnis gratis yang memberikan pengguna kemampuan untuk secara langsung mengelola bagaimana bisnis mereka akan muncul di Search Engine Result Page (SERP) Google dan Google Maps. Seringkali dilihat sebagai kompetitor dari Yelp dan daftar Yellow Pages tradisional, Google Business Profile merupakan sebuah tool yang sangat berharga baik untuk bisnis besar maupun kecil.

Dengan meng-update Business Profile Anda di Google, Anda dapat mengklaim daftar bisnis Anda pada Google Maps dan memaparkan informasi esensial mengenai bisnis Anda pada pengunjung. Beberapa informasi yang terdapat pada Business Profile dan daftar bisnis Anda termasuk:

  • Alamat website
  • Alamat fisik
  • Nomor telepon
  • Jam operasional
  • Galeri foto
  • Review konsumen

Google Business Profile menjadi sebuah tool yang cukup krusial untuk bisnis Anda agar SEO bisnis Anda bisa lebih optimal lagi. Beberapa manfaat dari Google Business Profile yaitu:

1. Meningkatkan Visibilitas dengan Memunculkan Bisnis pada Google Map

Dengan memiliki Business Profile pada Google, tingkat bisnis Anda untuk diketahui keberadaannya oleh pengunjung menjadi lebih tinggi. Ketika pengunjung mengetikkan nama bisnis Anda maupun topik yang berkaitan dengan ranah bisnis Anda, Google Business Profile memungkinkan bisnis Anda muncul pada search engine

Ketika Anda mengklaim profil Google Business Profile Anda, Anda dapat menambahkan informasi kunci mengenai bisnis Anda yang akan muncul pada SERP dan juga Google Maps. Contohnya, informasi esensial ini termasuk jam operasional Anda, alamat website dan fisik bisnis Anda, dan juga galeri foto bisnis Anda.

2. Memberikan Informasi yang Aktual dan Akurat

Google mengupdate atau mengubah informasi pada Google Business Profile berdasarkan informasi yang ditemukan di sumber online lain maupun Anda juga bisa merubahnya sendiri. Contoh dari tipe perubahan ini termasuk deskripsi yang dibuat Google di bawah nama bisnis di Knowledge Panel. 

Anda pasti sering menemukan deskripsi singkat mengenai sebuah bisnis pada Business Profile di mana mereka menunjukkan beberapa daftar produk yang ditawarkan atau sekedar informasi tentang bisnis itu sendiri dan informasi-informasi lainnya seperti jam operasional, lokasi, link terkait akun bisnis Anda, galeri foto, rating dan review, dan lain sebagainya.

3. Salah Satu Media Promosi Bisnis Anda

Membaca dan merespon review bisnis Anda pada Google Business Profile adalah sebuah kunci untuk mempertahankan reputasi baik bisnis Anda di depan konsumen terkini dan konsumen potensial. Penting untuk membaca dan merespons setiap review dengan cara profesional. 

Hal ini bisa membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu perbaikan dan tentu saja bisa mempromosikan bisnis Anda dengan menampilkan rating Google bisnis Anda. Selain itu, dengan Google Business Profile, ada kemungkinan bisnis Anda akan dipromosikan juga oleh Google Maps.

4. Meningkatkan Peringkat di Search Engine

Daftar Google Business Profile bisa membantu orang-orang menemukan bisnis Anda sekaligus meningkatkan SEO lokal Anda, yang tentu saja akan meningkatkan brand awareness bisnis Anda di dalam komunitas lokal Anda. Ketika Anda mengatur profil Google Business Profile dan menambahkan informasi tentang bisnis Anda, maka bisnis Anda akan muncul di SERP.

5. Memungkinkan Pelanggan Memberikan Rating dan Review

Google Business Profile memfasilitasi pengunjung atau pelanggan Anda untuk memberikan rating dan review di Google. Dengan adanya user yang menambahkan review dan foto serta memberikan rating ke daftar Google Business Profile Anda, maka perusahaan Anda akan mendapatkan konten tambahan secara cuma-cuma, sekaligus meningkatkan citra dan reputasi bisnis Anda.

Langkah Registrasi dan Verifikasi Google Business Profile

Jika Anda sudah menetapkan rancangan marketing online Anda dan memanfaatkan Google Business Profile, berikut langkah-langkah untuk registrasi dan verifikasi Google Business Profile:

1. Membuat Akun dan Registrasi Awal

Langkah awal tentu saja membuat akun Google dan melakukan registrasi awal. Bukalah halaman di mana Anda akan mulai membuat Business Profile Anda di Google. Untuk membuat Business Profile secara gratis pada Google dengan alamat email, bukalah website yang didedikasikan dan buatlah profil di akun Google Business: https://www.google.com/business/

Setelah itu cek apakah profil perusahaan Anda muncul atau tidak di pencarian Google dan Google Maps. Terkadang, berdasarkan data dari internet dan berbagai situs, Google membuat sebuah profil dari perusahaan Anda di Google. Jika Anda tidak menemukan profil bisnis Anda setelah memasukkan nama perusahaan, Anda bisa langsung menambahkan bisnis Anda pada Google. 

Jika Anda menemukan profil bisnis Anda sudah ada di Google, Anda bisa memverifikasinya untuk mendapatkan profil tersebut.

2. Mengisi Secara Lengkap Informasi Bisnis

Selanjutnya yaitu melengkapi informasi bisnis Anda. Anda perlu memberi nama bisnis dan kategori utama bisnis Anda. Ini merupakan salah satu langkah terpenting karena ini merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh user ketika mereka mencari Business Profile Anda di Google. 

Kemudian lengkapi alamat bisnis Anda selengkap-lengkapnya termasuk negara, alamat, kota, dan kode pos. Anda juga perlu melengkapi informasi mengenai kontak bisnis Anda. Selanjutnya Anda bisa mengisi informasi dasar mengenai perusahaan Anda seperti jam operasional bisnis, menerima pesan dari audiens, deskripsi perusahaan, dan beberapa foto terkait bisnis Anda.

3. Melakukan Verifikasi Akun

Semua bisnis harus melakukan verifikasi daftar mereka sebelum mereka bisa mengaktivasi akun mereka. Anda bisa melakukan verifikasi via telepon maupun email. Untuk melakukan verifikasi via telepon, Anda perlu login ke Google Business Profile, memastikan nomor telepon yang diisikan benar, pilih “verify by phone”, tunggu sampai ada panggilan atau pesan masuk yang menyertakan kode verifikasi, masukkan kode ke layar dan klik “submit”. 

Kemudian jika Anda ingin melakukan verifikasi melalui email, Anda bisa login ke Google Business Profile, pastikan alamat email yang terdaftar benar, pilih “verify by email”, tunggu hingga menerima email yang menyertakan tombol verifikasi lalu klik tombol verifikasi tersebut. Setelah selesai melakukan verifikasi, Business Profile Anda sudah aktif sekarang di Google.

4. Melakukan Update dan Pembaharuan Informasi secara rutin

Anda bisa terus memantau dan mengelola Google Business Profile Anda. Jika ada pembaharuan informasi, pastikan untuk segera mengupdate informasi tersebut di Google Business Profile sehingga informasi yang tertera kredibel dan terpercaya. Dengan informasi yang up-to-date maka reputasi bisnis Anda juga akan terjaga di hadapan user.

Mengembangkan Bimbel dengan Optimasi Digital

Optimisasi digital untuk mengembangkan bisnis bimbel Anda bisa dilakukan dengan mengatur Google Business Profile bimbel di Google. Dengan melakukan verifikasi Business Profile Anda, calon murid akan dengan mudah menemukan informasi mengenai bisnis bimbel Anda. 

Selain itu, optimisasi digital pada pengaturan Google Business Profile juga akan meningkatkan SEO lokal bisnis Anda yang akan memungkinkan user untuk menemukan bisnis Anda pada pencarian Google.

Jika Google Business Profile bisa meningkatkan SEO lokal, ada juga solusi untuk optimisasi digital lainnya, yaitu urusan penagihan atau pembayaran digital. Kasdana adalah jawabannya. Kasdana merupakan aplikasi invoice untuk automasi penagihan dan pembayaran berbasis cloud yang bisa membantu Anda mengelola seluruh urusan invoice secara lebih efektif dan efisien. Pelajari selengkapnya di https://kasdana.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KASDANA | INVOICING SOFTWARE

Solusi berbasis cloud yang memudahkan pemilik usaha / enterprise dalam mengelola tagihan (invoice) kepada pelanggan secara online.

Office

Head Office: UGM Science Techno Park – Jl. Purwomartani, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

Jakarta Office: Eco Selaras Sudirman Residence Lt. 2, Jl. Jend. Sudirman No.86, Jakarta Pusat – 10250

© 2024 Kasdana powered by Gamatechno. All Rights Reserved