Panduan & Strategi Digital Marketing Bimbel 2023

Panduan-Strategi-Digital-Marketing-Bimbel

Sebagai Pemilik Bimbel, ada banyak hal yang perlu diperhatikan demi keberlangsungan usahanya. Tak terkecuali usaha bimbel atau bimbingan belajar sebagai usaha dibidang jasa yang membutuhkan perlakuan khusus dalam ekosistemnya. Salah satu bentuk usaha yang perlu dilakukan adalah menerapkan strategi digital marketing. 

Digital Marketing diartikan sebagai eksploitasi teknologi dalam usaha membuat atau menjangkau pasar yang potensial dengan memenuhi kebutuhan konsumen. Di era teknologi digital ini, tidak bisa dipungkiri segala aktivitas terlebih marketing terkoneksi dengan unsur digital. 

Pentingnya Strategi Digital Marketing untuk Bimbel

Makin tingginya keinginan lolos ke perguruan tinggi favorit dan perusahaan ternama, dapat menjadi fondasi yang kuat untuk mengembangkan bimbel (bimbingan belajar). Hadirnya digital marketing, memungkinkan pemilik bimbel mengirimkan konten marketing  yang dipersonalisasikan ke audience yang lebih spesifik. Sehingga peranan strategi digital marketing menjadi begitu penting untuk menjangkau audience yang sesuai dengan target utama bimbel. 

7 Langkah Strategi Digital Marketing Bimbel

strategi digital marketing
7 Langkah Sederhana Optimasi Strategi Digital Marketing untuk Bimbingan Belajar 2023

Menerapkan digital marketing sebagai salah satu strategi pemasaran bimbel tidak akan terasa sulit bila anda sudah memahami 7 step strategi digital marketing dibawah ini. Lalu apa sajakah langkah-langkahnya? Simak 7 step berikut ini:

1. Mengenali Customer

Hal paling mendasar yang perlu diperhatikan adalah mengenali customer. Banyak kasus dimana sebuah bisnis gagal dalam menerapkan strategi karena tidak mengenali customernya dengan baik. Ketika membangun bimbel, lakukan beberapa riset customer yang menjadi target.

Lakukan beberapa riset dengan menjawab pertanyaan 5W+1H mengenai customer dan latar belakang mereka. Analisa customer ini diaplikasikan dalam sebuah user persona. Apa itu user persona? Ini adalah serangkaian penjelasan terperinci tentang customer yang dijadikan target market.

Walaupun hal ini memungkinkan Anda mendapat berbagai macam tipe customer, Anda cukup membuat perwakilan customer dalam sebuah user persona.

Sebagai salah satu strategi digital marketing, user persona dapat berpengaruh besar terhadap bisnis bimbingan belajar. Seperti halnya:

a. Tepat Sasaran

Pesan marketing tepat sasaran karena berperan sebagai media mengenali customernya.

b. Budget Efisiensi

Budget Efisiensi karena dapat menargetkan customer secara spesifik dan mendalam.

Tak berhenti sampai disitu, mengenali customer juga dapat dilakukan dengan melakukan penelitian secara langsung. Penelitian ini dapat anda lakukan secara mandiri maupun mencari sumber pada pihak ketiga. 

Salah satu penelitian yang bisa anda lakukan adalah metode FGD (focus group discussion) maupun Kuesioner yang disebarkan ke beberapa sample target customer, dalam hal ini adalah siswa.

Namun, bila anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan metode tadi, mengambil data dari pihak lain dapat menjadi solusinya. Seperti lakukan analisis trend pada media social untuk melihat trend yang sedang berjalan.

2. Buat Digital Marketing Funnel

Apakah anda familiar dengan marketing funnel? Marketing funnel kerap disebut serangkaian proses yang dilewati oleh calon customer menjadi customer. Lalu mengapa kita harus memahaminya?

Terdapat 5 step marketing funnel yang dilalui oleh calon customer anda nantinya. Didalam step tersebut, tentu saja ada treatment atau perlakuan khusus yang berbeda agar strategi digital marketing anda berjalan dengan baik. Ini dia 5 proses marketing funnel:

a. Awareness

Step ini adalah proses dimana calon customer anda mulai menyadari adanya masalah dan timbul keinginan untuk menyelesaikannya.

b. Consideration

Pada step ini calon customer sudah memiliki rasa keingintahuan mengenai produk yang mereka butuhkan.

c. Purchase

Ini adalah proses dimana customer sudah mulai memutuskan membeli. Pada umumnya, step ini yang menjadi perhatian para pelaku bisnis.

d. Retention

Dalam step ini, customer sudah merasa cocok dengan produk maupun jasa sehingga mereka akan kembali membeli atau menggunakannya lagi.

e. Advocacy

Step yang tak kalah penting adalah advocacy dimana customer yang sudah percaya dan mulai merekomendasikan produk/jasa ke orang lain.

Sebagai pemilik bimbel, marketing funnel akan berperan penting dalam menyusun konten marketing promosi sesuai dengan kebutuhan. Customer yang baru berada di tahap awareness tentu saja tidak akan cocok jika diberikan konten retention, begitu juga sebaliknya.

3. Penyusunan Rencana Marketing

Strategi digital marketing selanjutnya adalah penyusunan rencana marketing. Ditengah persaingan bimbel-bimbel yang ada, pastikan bimbel anda tetap eksis dan dapat memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Dalam step ini pula, rencana marketing anda sudah lebih terarah, lebih spesifik dan sudah ada rentang waktu pelaksanaannya. Hal ini dilakukan agar anda dapat mengetahui secara persis hal-hal apa saja yang harus dikerjakan, apa yang akan anda capai dan bagaimana rencana pelaksanaannya.

4. Perencanaan Campaign Marketing

Masuk kedalam step ini, berarti anda harus lebih fokus dan mempersempit tujuan marketing. Dari beberapa marketing funnel yang sudah dibahas pada nomor 2, misalnya anda ingin membuat campaign awareness.

Membuat campaign bimbel dengan tujuan awareness, anda dapat memulainya dengan mengenalkan fasilitas yang akan siswa dapatkan bila mereka mendaftar. Misalnya jelaskan dari segi kualitas mentornya, durasi belajarnya, fasilitas pendukung belajar seperti ruangan yang nyaman dan lain sebagainya. 

Pastikan anda sudah menargetkan calon customer yang lebih spesifik mengenai karakteristik mereka. Bila hasil riset anda mengarah kepada siswa SMA yang akan masuk ke dalam perguruan tinggi favorit, informasikan kepada mereka bahwa tempat bimbingan belajar anda menyediakan seluruh hal yang mereka butuhkan.

5. Menggunakan Teknik Persuasi yang Tepat

Teknik komunikasi persuasi dalam hal strategi digital marketing merupakan sebuah pendekatan yang dilakukan untuk mengubah atau membentuk sudut pandang seseorang. Teknik komunikasi ini biasanya mengandung ajakan untuk mempengaruhi para audience.

Bimbingan Belajar yang semakin menjamur, mengharuskan anda untuk selalu mengupdate informasi dan berpikir berbeda dalam mengemas komunikasi persuasi yang nantinya digunakan. 

Bukan tidak mungkin, bila teknik komunikasi persuasi yang anda gunakan sesuai dengan karakter calon customer, mereka dapat berpaling dari jasa bimbel sebelumnya. Ketika anda mengimplikasikan pada bimbel, anda dituntut untuk selalu memonitoring teknik persuasi yang digunakan dan jangan berpikir mendapat hasil yang instan.

6. Menyusun Konten atau Materi Marketing

Tidak ada yang lebih menyenangkan selain menyusun konten atau materi marketing yang akan digunakan. Selain dituntut untuk update dengan trend yang ada, anda juga diharapkan mampu berpikir kreatif dan out of the box

Gunakan bahasa yang terkesan akrab dengan customer anda, sehingga akan jauh lebih mudah mempengaruhi mereka. Namun anda harus perhatikan kembali saat menyusun konten. Hal ini karena tak jarang konten marketing yang dibuat justru tidak menyampaikan pesan inti dari sebuah bisnis tersebut.

Walaupun menggunakan bahasa yang santai dan akrab, pastikan value dari bimbel ada dapat tersampaikan dengan baik. Lebih pentingnya, target customer anda dapat memahaminya dan terbantu dengan konten anda.

Content marketing diartikan sebagai cara pemasaran digital yang berfokus pada penyusunan dan pendistribusian konten yang relevan dan konsisten. Content marketing cenderung lebih mudah menjangkau target audience nya. 

Bila anda mendengar kata content kemungkinan anda akan berpikir mengenai pembuatan video seperti yang sering dilakukan oleh beberapa orang.

Namun nyatanya, content marketing memiliki cabang atau bentuk yang luas seperti:

a. Content Writing (Blog)

Content yang berisi informasi yang dikemas dalam bentuk artikel.

b. Email Marketing

Fokus komunikasi pada content ini adalah melalui email.

c. Social Media Marketing

Sebuah strategi yang memanfaatkan fungsi social media sebagai platformnya.

d. Video Marketing

Pemanfaatan video sebagai strategi marketing. Strategi ini adalah salah satu content yang sering dibuat oleh para pelaku bisnis untuk memasarkan usahanya.

e. Ebook

Content berwujud buku elektronik yang memungkinkan visitor dapat mengunduh informasi.

7. Siapkan Customer Service Online

Sesaat setelah anda berhasil mendapatkan customer sesuai dengan yang ditargetkan, nampaknya strategi digital marketing belum usai. Bagaimana sikap anda, bila setelah anda sudah menggunakan produk atau jasa anda justru tidak dilayani dengan baik?

Yang menjadi perhatian anda, selalu posisikan anda berperan sebagai customer atau siswa bimbel. Bayangkan ketika sudah mengeluarkan biaya, namun anda tidak mendapatkan layanan after sales yang baik atau mungkin tidak diberikan bukti pembayaran setelah membayarkan sejumlah uang.

Karena hal itulah, anda perlu sigap menyediakan customer service yang siap membantu customer ketika mereka membutuhkan. 

Jika anda membuka kelas dengan dua metode yaitu online dan offline, usahakan anda sudah memiliki customer service dari masing-masing metode tersebut. Hal ini dimaksudkan agar dapat menjadi mitigasi kesalahan yang kemungkinan terjadi.

Memulai dengan Channel Digital Marketing

8 Kanal Digital Marketing untuk Maksimalkan Potensi Pasar Bimbel

Channel digital marketing diartikan sebagai sarana atau media yang menjembatani pemilik bisnis dengan customer-nya. Biasanya channel ini digunakan untuk pemasaran secara online yang memungkinkan pemilik bisnis dapat menjangkau customer-nya lebih luas.

Lalu apa saja channel yang digunakan untuk menjalankan strategi digital marketing?

1. Google Business Profile

google business profile

Semua pengguna teknologi digital pasti sudah familiar dengan google. Selain dikenal sebagai search engine atau mesin pencari, dalam hal bisnis Google juga hadir sebagai tools yang perlu dioptimasi yaitu Google Bisnisku (Google Business Profile). 

Google Bisnisku bertindak sebagai sarana penyedia informasi yang memudahkan calon customer mencari tahu informasi sebuah bisnis. Ketika customer dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai bisnis anda, hal ini akan berpengaruh pada kredibilitas bisnis.

Dalam bisnis jasa bimbingan belajar, selain mempermudah calon customer mendapatkan informasi mengenai bimbel, Google Bisnisku juga bertindak sebagai:

a. Channel Komunikasi Calon Siswa

Ketika anda sudah berhasil mendaftar pada Google Business Profile, anda akan menjumpai fitur “tanya jawab” yang dapat dijadikan channel komunikasi dengan calon siswa. 

Calon siswa bimbel akan dimudahkan dengan fitur ini karena mereka dapat menanyakan secara langsung mengenai informasi bimbel. Seluruh pertanyaan yang diajukan dapat langsung dibalas oleh anda sendiri.

b. Media Validasi Melalui Fitur Review

Melalui riset yang dilakukan oleh Review Trackers menunjukan bahwa lebih dari 63% calon customer akan mencari validitas dengan melihat review. Mereka cenderung melihat testimoni dan pengalaman customer yang telah menggunakan sebelum mencari informasi yang lebih dalam.

Itulah alasan mengapa begitu pentingnya membangun image bisnis yang baik sehingga dapat meningkatkan kepuasan customer.

c. Memungkinkan Bisnis Muncul di Google Maps

Munculnya bisnis dalam google maps akan anda dapatkan secara otomatis bila sudah berhasil registrasi bisnis di Google Bisnisku. Sering terjadi adanya kasus penipuan bisnis yang tidak dapat terdeteksi lokasinya dan meningkatkan kecurigaan calon customer

Tak heran, calon customer akan jauh lebih mempercayai bisnis terutama dibidang jasa yang sudah terdaftar di google maps.

d. Sarana Analisis Customer

Tidak hanya fitur tanya jawab yang telah kita bahas sebelumnya, Google My Business juga dilengkapi dengan fitur Insight yang bertugas menampilkan performa bisnis.

Fitur ini akan memudahkan anda sebagai pemilik bisnis. Hal ini dikarenakan anda dapat memonitoring jumlah customer yang menemukan bisnis, alas mereka dan bagaimana mereka menemukan bisnis anda.

Sudahkah anda mendaftarkan bisnis anda pada Google Business Profile? Bila belum, anda dapat melakukan registrasi dan verifikasi dengan mengikuti step registrasi Google Business Profile sekarang juga sehingga bisnis anda lebih efisien.

2. WhatsApp Bisnis

whatsapp bisnis marketing

Riset yang dilakukan oleh databoks menunjukan Indonesia memiliki angka pengguna whatsApp terbanyak ketiga di dunia. Dimana jumlah penggunanya mencapai 84,8 juta pengguna.

Berdasarkan data tersebutlah, penggunaan whatsApp sebagai salah satu channel komunikasi digital marketing yang wajib digunakan. WhatsApp memiliki 2 jenis akun personal dan bisnis. 

Bagi para pelaku bisnis, WhatsApp bisnis lebih direkomendasikan. Hal ini karena whatsApp bisnis dilengkapi dengan fitur yang lebih lengkap untuk berwirausaha khususnya dalam bisnis bimbel. Apa saja kelebihannya?

  • Menampilkan bisnis lebih profesional dan kredibel
  • Dilengkapi Fitur Katalog yang menampilkan pelayanan paket bimbel beserta harganya, durasi pembelajaran dan fasilitas yang didapatkan.
  • Memudahkan monitoring data statistik 
  • Mampu menanggapi siswa bimbel secara otomatis
  • Pengiriman pesan massal otomatis ( seperti pengumuman, invoice digital, promo layanan bimbel)
  • Mengorganisir manajemen komunikasi 

3. Social Media Marketing

Tidak hanya sebagai sarana komunikasi, kehadiran social media nyatanya sudah menjadi salah satu sarana yang digunakan untuk meningkatkan performa bisnis. Awalnya, social media dikenal dengan penggunanya yang berasal dari kaum remaja dan milenial. Namun realitanya, masyarakat usia 65 tahun keatas juga tak mau ketinggalan menggunakan social media.

Berdasarkan data riset databoks, setelah aplikasi whatsApp media social facebook, youtube, instagram dan tiktok memiliki data pengguna yang cukup besar. Dari riset inilah, pelaku bisnis tampaknya perlu melihat potensi yang besar untuk memanfaatkan social media sebagai salah satu strategi digital marketing.

4. Website

Bayangkan anda adalah seorang siswa yang tengah mencari jasa bimbingan belajar. Bagaimana jika anda menemukan bimbel yang telah memiliki website? Tentu saja jasa bimbingan belajar itu akan lebih menarik dan menimbulkan keingintahuan anda.

Memiliki website bisnis memungkinkan anda untuk menjaring calon customer lebih banyak karena dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas. Ketika anda membangun sebuah website, pastikan sudah memenuhi elemen berikut:

a. Halaman Hubungi Kami (Contact Us) terlihat jelas

Dalam halaman ini, anda perlu menuliskan alamat dan nomor telepon bisnis dengan jelas. Halaman ini adalah tempat yang tepat untuk menyertakan fitur maps yang terintegrasi dengan google maps.Bila anda menyertakan nomor telepon, pastikan tombol (button) bekerja dengan baik atau nomor telepon dituliskan secara jelas. 

Dengan bantuan halaman hubungi kami, secara tidak langsung anda sudah menyampaikan beberapa metode yang bisa digunakan visitor website berkomunikasi secara langsung. Biasanya halaman ini juga dijadikan tujuan akhir iklan elektronik, agar visitor dapat langsung menghubungi anda.

b. Halaman Tentang Kami

Biasanya visitor atau calon customer akan melakukan kroscek ulang mengenai bisnis anda. Ini mengapa halaman tentang kami menjadi elemen yang penting untuk disertakan pada website. 

Dalam hal bimbingan belajar, informasi yang dapat ditulis pada halaman ini seperti profil perusahaan ( visi, misi, value), bagaimana perjalanan bimbingan belajar terbentuk dan informasi pendukung lainnya.

Secara tidak langsung, halaman ini juga sebagai faktor penentu calon customer yang akan menggunakan jasa bimbel yang anda tawarkan.

c. Halaman Product dan Service

Elemen yang satu ini menjadi elemen yang sangat penting untuk diperhatikan. Banyak bisnis yang justru gagal karena halaman product dan service mereka tidak menjelaskan message dengan baik.

Ketika anda menjalankan website bimbingan belajar, pastikan anda sudah menuliskan secara jelas informasi-informasi yang kemungkinan dibutuhkan atau sering dicari oleh calon customer.

Dalam hal ini, informasi yang biasanya dicari adalah: paket layanan bimbel, harga paket pelayanan bimbel, durasi pertemuan, mentor yang mengajar dan fasilitas apa saja yang akan didapat.

5. Search Engine Optimization (SEO)

Bila sebelumnya kita sudah membahas mengenai website, SEO adalah salah satu hal yang penting untuk meningkatkan kinerja website bisnis pada mesin pencari. SEO dan website bisa dikatakan saling membutuhkan dan tidak dapat berjalan sendiri. 

Pernahkan anda mencari topik pada mesin pencari? Ketika mesin pencari telah menunjukan hasilnya, dari sekian banyak link informasi, mana yang anda pilih? Nyatanya, berdasarkan salah satu sumber 75% pengguna cenderung mengunjungi website yang terpampang di halaman pertama pencarian. 

Sehingga kemungkinan kecil website anda akan dikunjungi bila berada di halaman kedua atau bahkan lebih.

Namun perlu diperhatikan, SEO merupakan salah satu strategi digital marketing gratis yang membutuhkan proses yang cukup lama. Dalam arti, SEO digunakan sebagai strategi jangka panjang. Sehingga dalam menjalankan SEO, anda perlu bersabar dan terus melakukan optimasi.

6. Search Engine Marketing (SEM)

Berbeda dengan SEO, SEM dikatakan sebagai jurus instant atau jalan pintas menampilkan website di halaman pertama. Tetapi karena sifatnya yang instant, anda perlu menyiapkan budget tersendiri bila menggunakannya. 

Dibanding SEO, menggunakan SEM akan memungkinkan anda untuk:

  • Mengiklankan website secara cepat 
  • Menaikan traffic atau kunjungan visitor
  • Secara bebas dapat menentukan target audience secara spesifik

Akan tetapi, walaupun di samping kelebihan yang dihasilkan SEM, anda perlu hati-hati dan tidak gegabah dalam menjalankanya. Pasalnya, karena SEM berbayar sehingga memungkinkan memicu terjadinya pemborosan yang bisa berujung pada kerugian.

Ada baiknya, sembari anda mengiklankan bimbingan belajar menggunakan SEM juga dibarengi oleh SEO yang terus menerus anda optimasi.

7. Email Marketing

Lebih dari 4 miliar orang terdaftar sebagai pengguna email. Hal ini menjadi salah satu angin segar para pemilik bisnis karena tingginya potensi yang dapat didapat. 

Namun, bila anda ingin melakukan strategi ini, jangan bayangkan semudah mengirim email pribadi seperti biasanya. Karena anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti:

a. Melakukan List Data untuk Mengumpulkan Data Target

Dalam hal ini anda dapat menggunakan halaman hubungi kami pada website.

b. Menggunakan Alamat Email Profesional

Pastikan alamat email yang anda gunakan sudah terlihat profesional dan jelas. Hindari menggunakan email dengan nama yang kurang jelas.

c. Tombol Call-to Action yang Jelas

Jangan lupa untuk menyertakan tombol ajakan melakukan action sehingga memungkinkan customer untuk melakukan klik dan mengikuti arahan selanjutnya.

8. Youtube Marketing

Siapa yang tak kenal youtube? Sebagai salah satu social media yang sering digunakan oleh masyarakat, youtube dinilai mampu menjadi salah satu strategi digital marketing.

Jumlah pengguna yang besar, memungkinkan channel ini menjadi saluran menjanjikan dalam mencapai keuntungan bisnis. Lantas apa saja manfaat menggunakan channel ini?

a. Membangun Brand Awareness

Youtube dapat menjadi wadah untuk menyalurkan konten video yang menarik dan kreatif. Sebenernya, segala macam video yang anda produksi mampu menjadi sarana peningkatan kesadaran akan bisnis anda.

b. Meningkatkan Customer Trust

Penjelasan lengkap dan mendetail mengenai produk atau jasa yang anda tawarkan, dapat mempengaruhi kepercayaan customer. Didukung dengan visualisasi yang jelas, hal ini juga mampu menjadi penguat pengambilan keputusan.

Aplikasi Pendukung Operasional Bimbel

Ketika kita menangani atau menjalankan aktivitas digital marketing, sering kali kita melupakan aktivitas operasional dan administrasi. Padahal peranan aktivitas operasional dan administrasi juga perlu dilakukan, agar meningkatkan kenyamanan customer atau siswa bimbel.

Salah satunya adalah menggunakan aplikasi invoice sebagai sarana penagihan yang valid dan real time. Banyaknya siswa bimbel yang perlu anda tangani, memungkinkan beberapa hambatan yang terjadi seperti:

  • Keterlambatan Pembayaran Karena Lambannya Penagihan
  • Kesulitan akan Pengelolaan Keuangan yang Kurang Terupdate
  • Gagal Bayar karena Metode Pembayaran Kurang Bervariasi

Semakin menjamurnya pemilik bimbingan belajar lain, mengharuskan anda bergerak lebih cepat. Sehingga tidak hanya strategi pemasaran yang dibutuhkan akan tetapi strategi operasional dan administrasi yang lebih modern.

Menggunakan aplikasi invoice sebagai aplikasi pendukung operasional, memungkinkan anda berfokus pada strategi pemasaran. Sehingga mencegah waktu yang terbuang untuk mengurus urusan administrasi dan operasional.

Menggunakan Sistem Penagihan Berbasis Aplikasi

Di tengah padatnya aktivitas bimbel yang harus dilakukan, memicu terjadinya human error  sehingga aktivitas administrasi dan operasional berjalan tidak lancar. Salah satu permasalahan kompleks yang harus dihadapi adalah manajemen penagihan dan laporan keuangan. 

Jangan sampai, anda sudah melakukan pemasaran secara digital namun penagihannya masih menggunakan cara manual. Kesalahan yang terjadi dengan penagihan yang masih manual dapat menjadi faktor pendorong penurunan kepercayaan customer atau siswa.

Buat Penagihan Otomatis Dengan Aplikasi Tagihan Bimbel Terjadwal Kasdana

Sebagai aplikasi penagihan otomatis, Kasdana hadir dengan berbagai fitur dan kemudahan. Walaupun fitur penagihannya lengkap, Kasdana tetap mengutamakan kenyamanan customer (user friendly) sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.

Demi kenyamanan anda mengelola tagihan, Kasdana hadir dengan berbagai kemudahan:

1. Penagihan Terjadwal

Salah satu kondisi yang sering terjadi saat penagihan pembayaran adalah lupa. Hal ini menjadi salah satu kejadian alami dan lumrah terjadi. Aktivitas bimbel yang beragam, mengurangi tingkat kefokusan karyawan dalam hal penagihan.

Kejadian ini mungkin saja dapat dihindari apabila sudah memiliki karyawan yang cukup banyak, namun bagaimana jika karyawan masih terbatas? 

Hadirnya Kasdana, mampu meringankan aktivitas penagihan anda menjadi lebih optimal. Fitur penjadwalan otomatis membantu mengelola kegiatan penagihan sehingga tidak ada penagihan yang terlewat. Sehingga anda tidak perlu mencoret kalender bahkan menambah karyawan dengan jumlah yang banyak untuk melakukan aktivitas ini.

Tak hanya melancarkan aktivitas penagihan pembayaran, akan tetapi juga dapat menjadi salah satu strategi budget optimization.

2. Laporan Penagihan Real Time dan Update

Penagihan manual dapat memicu terjadinya pendataan pembayaran yang kurang update dan real time. Kondisi ini dapat mendorong terjadinya double tagih atau beberapa siswa yang justru belum ditagih.

Akan tetapi, dengan sistem verifikasi otomatis pada Kasdana, data-data penagihan yang anda dapatkan dapat terupdate secara otomatis sehingga lebih akurat dan aktual.

3. Menyusun Invoice Kurang dari 30 Detik

Dalam dunia bisnis, waktu menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dan dioptimalkan. Padahal dalam penyusunan tagihan, ketelitian juga perlu menjadi perhatian sehingga tidak menimbulkan kesalahan yang mengakibatkan kerugian.

Kasdana, sebagai aplikasi invoice berbasis digital mampu mengoptimalkan waktu anda sehingga dapat fokus dengan kegiatan bimbel yang lain. Menggunakan Kasdana, penyusunan invoice bimbel akan jauh lebih cepat dan akurat.

4. Pencairan Dana Lebih Mudah Kapanpun

Menggunakan Kasdana, memungkinkan anda dapat melakukan pencairan dana dengan lebih mudah tanpa waktu yang ditentukan. Sehingga anda tidak membutuhkan waktu lama lagi untuk melakukan pencairan dana.

Dengan berbagai kemudahan yang anda dapat, hal ini dapat menjadi strategi optimasi bimbingan belajar anda sehingga berjalan lebih optimal. Sudah siapkah anda membangun bimbingan belajar yang modern yang lebih profesional? Upgrade metode penagihan anda dengan Kasdana.

Ada pertanyaan? Jangan Ragu untuk menghubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KASDANA | INVOICING SOFTWARE

Solusi berbasis cloud yang memudahkan pemilik usaha / enterprise dalam mengelola tagihan (invoice) kepada pelanggan secara online.

Office

Head Office: UGM Science Techno Park – Jl. Purwomartani, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

Jakarta Office: Eco Selaras Sudirman Residence Lt. 2, Jl. Jend. Sudirman No.86, Jakarta Pusat – 10250

© 2024 Kasdana powered by Gamatechno. All Rights Reserved