Tips Mengembangkan Aplikasi Bisnis berbasis Solusi

aplikasi bisnis

Dalam menjalankan bisnis, maraknya pemanfaatan teknologi tentu menjadi sebuah terobosan yang sangat membantu kelancaran sebuah bisnis. Banyak bisnis bahkan membuat aplikasi sendiri untuk memudahkan konsumennya dalam menggunakan jasa atau membeli produk yang ditawarkan.

Ketika sudah membuat aplikasi, tentu prosesnya tidak berhenti sampai disitu saja. Aplikasi sudah dibuat, sudah diluncurkan, dan sudah dapat digunakan oleh user. Namun, prosesnya tentu masih berlanjut karena aplikasi membutuhkan pengembangan dan pemeliharaan. Semakin hari semakin banyak aplikasi yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan juga mengikuti tren pasar. 

Jika sebuah aplikasi bagus dibuat dan tidak dikembangkan, maka lama-lama tidak bisa memenuhi ekspektasi pengguna dan akhirnya ditinggalkan. Namun, jika ada pengembangan seperti redesain UI/UX maupun penambahan fitur-fitur tertentu yang bisa memberi kemudahan dalam penggunaannya tentu aplikasi tersebut akan tetap bertahan dan juga kompetitif. 

Dalam melakukan pengembangan aplikasi bisnis, perlu adanya riset dan perencanaan yang matang, serta pemilihan mitra perusahaan pengembangan aplikasi yang tepat.

Apa itu Aplikasi Bisnis?

Aplikasi bisnis adalah sebuah solusi software atau serangkaian program yang menyediakan fungsionalitas bisnis. Mereka juga digunakan untuk meningkatkan dan memonitor produktivitas di seluruh sisi perusahaan. Aplikasi bisnis bisa digunakan secara eksternal, internal, atau dengan aplikasi bisnis lainnya.

Mereka bisa dibuat in-house atau dibeli sebagai solusi konvensional. Tipe apa yang sebaiknya dipilih oleh bisnis bergantung pada kebutuhan spesifik dan budget mereka.

    Tiga Tipe Aplikasi Bisnis

–      Aplikasi B2B: Aplikasi yang digunakan diantara mitra bisnis (reseller, supplier, dll). Aplikasi ini bisa diakses menggunakan jaringan dedicated, seperti bulk order submission web service.

–      Aplikasi B2C: Aplikasi yang digunakan untuk aplikasi pada umumnya. Aplikasi ini kebanyakan adalah web/browser-based seperti website konten dinamis, contohnya aplikasi loyalitas konsumen, aplikasi e-commerce, dll.

–   Aplikasi internal: Aplikasi yang digunakan di dalam bisnis. Aplikasi ini adalah aplikasi inti untuk fungsionalitas bisnis, seperti sistem ERP internal, sistem HR, dll.

    Subkategori Aplikasi Bisnis

–  Aplikasi front-end: Pengguna secara langsung berinteraksi dengan aplikasi-aplikasi ini, biasanya melalui grafis UI.

– Aplikasi background: Aplikasi back-end ini berfungsi behind the scene dan mengelola pemrosesan background.

–  Aplikasi service-based: Aplikasi ini bekerja sebagai poin integrasi untuk aplikasi atau sistem yang lain.

Ketika Anda memulai perusahaan Anda, lakukanlah hal yang tidak mengeskalasi. Itulah sifat dasar bisnis. Ketika Anda memulai, Anda menguji pasar untuk melihat jika ada permintaan untuk layanan Anda. 

Permasalahan bisa terjadi ketika bisnis Anda mulai berkembang. Anda tiba-tiba dituntut untuk memastikan keefisienan operasional Anda. Karena kalau tidak, Anda akan berakhir tersandung sistem bisnis Anda dan menunda kesuksesan Anda. Dan itulah di mana aplikasi bisnis ini akan berguna.

Keuntungan Penggunaan Aplikasi Bisnis

Setiap bisnis yang sedang berkembang membutuhkan pengembangan aplikasi. Di saat investasi awal terjadi untuk pembuatan aplikasi-aplikasi sangat penting ini, mereka bisa memberikan banyak keuntungan untuk perusahaan yang sedang berkembang. Berikut beberapa keuntungannya:

  1. Aplikasi bisnis meningkatkan produktivitas karyawan dengan mengoptimasi proses bisnis untuk meningkatkan efisiensi.
  2. Aplikasi bisnis memfasilitasi pekerja lapangan, membantu mereka tetap terkoneksi ke kantor dan mendapatkan real-time insight ke dalam proses.
  3. Aplikasi bisnis meningkatkan engagement konsumen, menaikkan loyalitas dan penjualan.
  4. Aplikasi bisnis yang didukung oleh tools analitis yang intuitif membantu menyediakan actionable insight untuk membantu Anda mengembangkan bisnis Anda menggunakan keputusan berdasarkan informasi yang tepat.
  5. Dengan kode rendah, mengembangkan aplikasi bisnis custom tidak pernah tidak mudah, artinya Anda bisa mendapatkan apa yang sebenarnya Anda butuhkan tanpa harga mahal atau waktu banyak dalam pembuatan yang terkustomisasi.

Pengembangan Aplikasi Bisnis Custom

Aplikasi yang dibuat custom biasanya sangat fleksibel dan bisa menjadi justru cocok untuk perusahaan dengan kebutuhan spesifik. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui seputar pengembangan aplikasi bisnis custom:

●   Desain custom: dibuat untuk proses bisnis spesifik dari perusahaan tertentu. Ini artinya Anda tidak harus menyesuaikan proses-proses Anda untuk sesuai dengan aplikasi. Anda membayar untuk apa yang Anda butuhkan karena fungsionalitas dan fitur dari aplikasi custom didesain untuk memenuhi kebutuhan dari pengguna spesifik dan tujuan perusahaan.

●    Fitur Spesifik: software bisnis custom bisa dimodifikasi dan di-update seiring dengan perusahaan Anda berkembang, memberikan Anda keuntungan kompetitif. Anda bisa membuat perubahan kapanpun Anda inginkan dan tidak perlu menunggu untuk peluncuran baru untuk menambah fitur atau fungsionalitas baru. Anda juga bisa menyelesaikan upgrade yang dilakukan oleh developer aplikasi kapan saja.

●    Integrasi yang lebih mudah: software custom bisa dengan lancar diintegrasikan di dalam ekosistem IT yang ada. Ini sangat penting untuk analisis data dan pengembangan strategi bisnis data-driven. Anda juga bisa melakukan integrasi dengan sistem legasi atau rencana instalasi dari sistem tambahan nantinya.

●    Kebebasan: dengan aplikasi custom, Anda tidak terikat dengan tim bantuan yang sibuk dari provider sistem yang sudah siap.

●     Balik modal jangka panjang yang lebih baik: biaya pengembangan untuk solusi spesifik yang custom bisa jadi sangat tinggi di awal. Tanpa biaya langganan, software custom mungkin akan jadi tidak terlalu mahal daripada membeli software yang sudah ada secara kumulatif.

●    Penerimaan yang lebih tinggi: staf perusahaan Anda akan terlibat dalam proses pengembangan aplikasi. Sehingga, mereka akan lebih mau untuk menerima sistem baru ketika itu diluncurkan.

Membuat Rencana Pengembangan Aplikasi Bisnis

Ikuti 5 langkah esensial berikut untuk rencana sukses proyek Anda nantinya:

1.   Kumpulkan Informasi Penting yang Dibutuhkan

Anda bisa melakukan survei atau mulai interview dengan pembuat keputusan utama dan para karyawan. Ini akan membantu Anda untuk punya ide lebih baik tentang aplikasi custom yang seperti apa yang sebenarnya Anda butuhkan untuk digunakan dalam proses bisnis Anda.

2.   Sarankan Perbaikan

Gunakan informasi yang telah Anda kumpulkan untuk punya pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan spesifik bisnis. Selanjutnya, gunakan teknik pemetaan untuk mengidentifikasi kesempatan baru untuk meningkatkan proses bisnis dan hubungan konsumen.

3.   Jabarkan Ruang Lingkup Proyek Pengembangan Aplikasi

Lakukan brainstorm untuk mengidentifikasi tujuan potensial di mana aplikasi bisnis Anda nantinya bisa mencapainya. Misalnya, apakah Anda ingin meningkatkan efisiensi, meningkatkan produktivitas, atau menaikkan big data?

Gunakan rangkaian tujuan strategik ini untuk mendaftar kebutuhan teknikal yang penting untuk mengimplementasikan mereka. Perlu juga untuk memikirkan susunan teknologi, lingkungan pengembangan spesifik, dan proses yang akan digunakan untuk menyelesaikan setiap tugasnya.

4.   Buatlah Rencana Bisnis

Anda perlu memahami hasil potensial dari investasi pada pengembangan aplikasi bisnis Anda. Biaya rata-rata dari membuat aplikasi bisnis custom mungkin bervariasi tergantung pada kompleksitas, urgensi, dan kustomisasi.

Yang perlu dipertimbangkan ketika mengestimasi harga akhir dari proyek pengembangan yaitu biaya pengembangan software, infrastruktur, kisaran jumlah pengguna, pemeliharaan dan bantuan yang sedang berlangsung, dan pelatihan tambahan untuk karyawan Anda. Kasus bisnis Anda harus melibatkan informasi seperti detail tentang sumber dan biaya yang dibutuhkan, durasi proyek keseluruhan, pilihan-pilihan untuk mengerjakan setiap bagian dari proyek pengembangan aplikasi dengan tim internal atau developer eksternal.

5.   Kembangkan Strategi

Kembangkan strategi biaya yang efektif untuk pembuatan fitur-fitur utama aplikasi Anda. Prioritaskan pengerjaan dan estimasikan berapa lama setiap tahap dari proyek pengembangan aplikasi bisnis custom Anda mungkin berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KASDANA | INVOICING SOFTWARE

Solusi berbasis cloud yang memudahkan pemilik usaha / enterprise dalam mengelola tagihan (invoice) kepada pelanggan secara online.

Office

Head Office: UGM Science Techno Park – Jl. Purwomartani, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

Jakarta Office: Eco Selaras Sudirman Residence Lt. 2, Jl. Jend. Sudirman No.86, Jakarta Pusat – 10250

© 2024 Kasdana powered by Gamatechno. All Rights Reserved