Memilih Payment Gateway Terbaik di Indonesia

Para pelaku bisnis mungkin sudah tidak asing dengan istilah payment gateway. Adanya solusi payment gateway ini memberikan kemudahan dalam pembayaran terutama untuk yang berkecimpung di bisnis online atau e-commerce.

Namun sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan payment gateway dan bagaimana cara memilih yang paling cocok? Yuk lanjutkan membaca untuk tahu lebih lanjut!

Apa itu payment gateway?

Payment gateway adalah layanan yang memfasilitasi transaksi online terjadi antara penjual dan pembeli. Ini adalah alat yang aman di mana dapat mengotorisasi transfer dana dengan mudah dari bank/dompet elektronik pembeli.

Payment gateway membantu pedagang menerima, memproses, dan mengirim pembayaran. Saat pelanggan melakukan pembelian, payment gateway mengenkripsi informasi mereka dan mengirimkannya ke lembaga keuangan terkait.

Sederhananya, payment gateway berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli yang menangani semua transaksi dan memastikan bahwa kedua belah pihak terlindungi.

Memilih Payment gateway yang sesuai kebutuhan bisnis

Alih-alih meraba-raba berbagai jenis platform pembayaran, penjual dapat menerima beberapa jenis pembayaran sekaligus lewat payment gateway. 

Namun dengan banyaknya penyedia layanan ini di luaran sana, bagaimana cara memilih payment gateway terbaik untuk bisnis Anda? Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Fitur

Payment gateway mungkin menawarkan layanan tambahan yang dapat membantu bisnis Anda menghemat biaya operasional (pembuatan laporan, pengelolaan dan pemantauan pembayaran, dan lainnya). Payment gateway tertentu juga menyediakan layanan penagihan faktur kustom dan pemberitahuan otomatis.

2. Tarif

Sebelum Anda berkomitmen menggunakan payment gateway, penting untuk memastikan tidak ada biaya tersembunyi (seperti biaya admin, biaya penyiapan, dan lainnya). Pastikan juga soal transaction fee serta biaya layanan.

Untuk transaction fee, pastikan bisnis Anda hanya akan ditagihkan setiap transaksi yang sukses. Sebaliknya, jika ada transaksi gagal baik itu terjadi karena tindakan fraud atau pelanggan yang membatalkan pesanan, bisnis Anda dibebankan biaya.

3. Pencairan/Payout (lama payout)

Mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam hal pencairan dana adalah hal krusial. Payment gateway memiliki frekuensi pencairan dana yang beragam, bisa harian atau bulanan sesuai dengan kanal pembayaran. Karenanya, cari yang paling cocok dengan arus keuangan bisnis Anda.

4. Benefit

Selain fitur dan tarif layanan, penggunaan payment gateway memberikan sejumlah keuntungan untuk pelaku bisnis. Sebab penjual tidak perlu memiliki semua akun bank untuk melayani pembeli melakukan transaksi. 

Penjual hanya butuh satu rekening bank. sehingga pembayaran bisa berjalan mulus (seamless).

Di sisi lain, payment gateway memberikan berbagai macam pilihan metode pembayaran yang mencakup hampir semua bank sehingga memudahkan pembeli untuk bertransaksi atau langsung bayar.

Dengan metode pembayaran yang mudah, akan membuat cash flow lancar dan bermuara pada business sustain.

5. API Integration & Documentation

Sebelum bisa digunakan, payment gateway perlu dihubungkan dengan website atau aplikasi bisnis (seperti CMS dan CRM) yang Anda miliki menggunakan Application Programming Interface (API).

Integrasi API payment gateway ini membuat situs web atau aplikasi merchant dapat berkomunikasi dengan jaringan pemrosesan pembayaran. 

Saat mengevaluasi API payment gateway, mulailah dengan melihat dokumentasinya. Apakah jelas dan ringkas? Apakah diformat dengan cara yang mudah?

6. After sales services/CS

Memilih solusi payment gateway dengan customer support yang siap siaga selama 24 jam lebih direkomendasikan. Sebab layanan ini penting untuk mencegah permasalahan terlambat ditangani, sehingga dapat mencegah kerugian waktu dan uang.

7. Keamanan & Regulasi

Karena data adalah hal yang cukup rentan disalahgunakan, pastikan solusi payment gateway pilihanmu disertai sistem keamanan yang dapat mengenkripsi data dan membuatnya tetap aman selama transaksi berlangsung. Payment gateway tertentu dapat memberikan deteksi penipuan atau opsionalitas keamanan 3D.

8. Sertifikasi lembaga keuangan

Sertifikasi lembaga keuangan adalah salah satu faktor utama yang harus dipertimbangkan saat memilih perusahaan payment gateway Indonesia. Dengan memiliki izin resmi dari bank sentral, yakni Bank Indonesia, tentunya membuat payment gateway tersebut lebih dipercaya untuk menjamin transaksi saat pembayaran.

Demikian informasi soal memilih payment gateway terbaik untuk bisnis Anda. Delapan poin di atas layak menjadi pertimbangan dalam memilih. Jadi, sudah menentukan payment gateway mana yang paling pas dengan bisnis Anda? Kasdana bisa menjadi salah satu pilihan tepat!

Butuh bantuan? Atau ada pertanyaan lebih lanjut? Jangan ragu, untuk hubungi tim Kasdana sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KASDANA | INVOICING SOFTWARE

Solusi berbasis cloud yang memudahkan pemilik usaha / enterprise dalam mengelola tagihan (invoice) kepada pelanggan secara online.

Office

Head Office: UGM Science Techno Park – Jl. Purwomartani, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

Jakarta Office: Eco Selaras Sudirman Residence Lt. 2, Jl. Jend. Sudirman No.86, Jakarta Pusat – 10250

© 2024 Kasdana powered by Gamatechno. All Rights Reserved