Promosi Bimbel dengan WhatsApp Marketing

Promosi-Bimbel-dengan-WhatsApp-Marketing

Apakah saat ini Anda sedang menjalankan bisnis bimbingan belajar atau biasa dikenal dengan bimbel? Jika iya, maka Anda sudah berada di halaman yang tepat karena artikel ini membahas sebuah strategi pemasaran yang jitu untuk bisnis bimbel Anda.

Yuk, kita bahas lebih lanjut strategi marketing dengan WhatsApp bisnis.

Apa itu WhatsApp Bisnis?

WhatsApp Bisnis adalah sebuah aplikasi untuk berbisnis. Mulai dari start-ups, bisnis privat, organisasi publik, pemilik bisnis besar, dan bahkan perseroan bisnis kecil bisa menggunakan WhatsApp For Business. Portal ini memungkinkan adanya interaksi, pembelian, dan penjualan produk dan jasa secara cepat, mudah, dan mulus. WhatsApp Bisnis menawarkan pengiriman pesan secara daring, di mana users bisa menghentikan dan memulai kembali percakapan senyaman mereka.

WhatsApp Bisnis dikenalkan dengan tujuan untuk membawa bisnis-bisnis supaya berjalan dengan baik dan membantu mereka untuk mendukung klien mereka dan konsumen dengan memfasilitasi interaksi yang nyaman. WhatsApp For Business memungkinkan komunikasi dua arah terlaksana dengan mudah karena fitur-fitur yang dimiliki, seperti instant replies, chat filter, dan lain-lain. 

Selain itu, WhatsApp Bisnis juga memungkinkan Anda untuk membuat katalog produk, mengatur pesan terautomasi (chatbot), dan juga memberikan customer support. Awalnya, aplikasi WhatsApp Bisnis dirilis hanya untuk pengguna Android saja. 

Namun seiring dengan berjalannya waktu, aplikasi WhatsApp Bisnis untuk iOS pun juga sudah bisa. Mirip dengan WhatsApp Messenger, Anda bisa dengan mudah mengunduh aplikasi ini secara gratis dari App Store dan Play Store.

Keunggulan WhatsApp Bisnis untuk Bisnis Bimbel

WhatsApp Bisnis memungkinkan bisnis bimbel Anda untuk mengirimkan pesan dan melakukan aktivitas-aktivitas berbeda secara stabil dengan keamanan paling baik. Beberapa keuntungan dari penggunaan WhatsApp Bisnis untuk mengelola bisnis bimbel yaitu:

  • Engagement user yang tinggi. WhatsApp adalah salah satu aplikasi pengirim pesan yang secara luas digunakan di seluruh dunia, dengan lebih dari 2 juta user aktif setiap bulannya. Artinya, WhatsApp Bisnis adalah sebuah portal sempurna untuk bisnis bimbel Anda terhubung dengan murid atau calon murid dan menjangkau audiens secara luas.
  • Personal dan mudah digunakan. WhatsApp memfasilitasi komunikasi personal dan secara langsung dengan murid, yang bisa meningkatkan engagement dan kepuasan murid atau klien. Aplikasi ini juga cocok untuk klien karena mereka biasanya sudah punya aplikasi ini yang terinstal di smartphone mereka, sehingga mudah bagi mereka untuk terhubung dengan bisnis bimbel Anda.
  • Terjangkau. WhatsApp Bisnis adalah sebuah aplikasi gratis dan tidak ada biaya tambahan apapun untuk mengirim pesan atau menelefon, di mana menjadikannya cost-effective untuk bisnis bimbel Anda menjalin komunikasi dengan murid.
  • Serbaguna. WhatsApp menawarkan berbagai macam fitur yang bisa digunakan untuk kebutuhan bisnis yang berbeda-beda, seperti pesan otomatis, katalog, label, dan bahkan berbagi dokumen dan file.
  • Komunikasi lintas negara. Dengan WhatsApp, sangat mungkin untuk mengakses komunikasi antar negara, menjadikannya sebuah opsi khusus untuk bisnis khususnya jika ingin menjangkau klien atau murid internasional.
  • Tool untuk automasi. Anda bisa mengautomasi pesan dengan tool WhatsApp Bisnis, yang termasuk juga mengatur pesan otomatis dan quick replies atau chatbot.
  • Garansi Keamanan. WhatsApp Bisnis menggunakan sebuah sistem enkripsi end-to-end yang menggaransi keamanan obrolan.
  • Pengelolaan Murid. Anda bisa mengelompokkan percakapan dengan murid dan calon murid ke dalam grup misalnya “murid baru” atau “calon murid”, dan sebagainya.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis dalam 6 Langkah Mudah!

Selain mudah penggunaannya, cara untuk membuat WhatsApp Bisnis juga sangat mudah. Hanya dengan 6 langkah saja Anda sudah bisa mempunyai WhatsApp Bisnis dan mengelola bisnis bimbel Anda dengan aplikasi apik ini. Berikut langkah-langkah untuk membuat WhatsApp Bisnis:

  1. Install aplikasi WhatsApp Bisnis pada smartphone Anda.
  2. Launch aplikasi dengan menyetujui syarat dan ketentuan layanan.
  3. Membuat akun bisnis Anda.
  4. Melakukan verifikasi nomor telepon.
  5. Mengizinkan aplikasi untuk mengakses kontak dan file.
  6. Membuat dan melengkapi profil bisnis Anda.

10 Fitur WhatsApp Bisnis

WhatsApp Bisnis mempunyai beraneka ragam fitur yang bisa membantu bisnis kecil dan bisnis medium untuk terhubung dengan konsumen mereka dan mengembangkan bisnis mereka.

1. Profil Bisnis

Fitur ini memungkinkan bisnis Anda untuk membuat profil profesional yang termasuk di dalamnya adalah nama bisnis, deskripsi, dan informasi kontak. Profil bisnis membangun identitas brand Anda dan membuatnya lebih layak ditampilkan ke konsumen Anda. Anda bisa mengatur profil bisnis Anda dengan melengkapi informasi berguna untuk konsumen, seperti deskripsi bisnis, alamat kantor, alamat email, dan website.

2. Quick Replies

Fitur auto-reply WhatsApp memungkinkan bisnis untuk membuat dan menyimpan pesan yang seringkali dikirim, memudahkan untuk merespon konsumen dengan cepat dan efisien. Quick reply menjadi salah satu fitur utama dari WhatsApp Bisnis. Fitur ini memperlancar dalam menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan dalam sekejap.

3. Pesan Otomatis

Fitur ini memfasilitasi bisnis untuk membuat dan mengatur pesan otomatis, seperti pesan penyambutan selamat datang dan ‘away message’, untuk memastikan bahwa konsumen selalu menerima respon dengan cepat, bahkan ketika Anda sedang tidak dapat menjawab pesan tersebut secara langsung. ‘Away message’ ini biasanya diatur untuk merespon konsumen setelah jam operasional berakhir, yang biasanya berisi pemberitahuan bahwa bisnis sedang tidak tersedia di jam tersebut dan menginfokan jam operasional supaya konsumen tahu kapan kira-kira pesannya akan dibalas.

4. Katalog

Bisnis bisa menggunakan fitur ini untuk membuat katalog dari barang atau jasa yang bisa dilihat oleh konsumen dan langsung melakukan transaksi di WhatsApp. Fitur ini adalah keuntungan lainnya dari penggunaan WhatsApp Bisnis. Menggunakan opsi katalog, Anda bisa mengelompokkan koleksi pada halaman WhatsApp Bisnis sehingga Anda tidak perlu membagikan harga setiap item satu persatu secara terpisah, hal ini tentu saja akan menghemat waktu. Anda bisa menambahkan detail seperti deskripsi, harga, dan lainnya untuk setiap item di katalog.

5. Label

Bisnis bisa menggunakan label untuk mengatur dan mengelola percakapan mereka, memudahkan untuk menemukan dan merespon pertanyaan dan pesan konsumen. Melabeli kontak adalah salah satu fitur dari WhatsApp Bisnis yang dapat membuat bisnis lebih rapi dan teratur. Anda bisa mengorganisir kontak dan melabeli mereka dan menempatkannya di kategori berbeda. Hal tersebut bisa membuat pengaksesan detail yang diinginkan menjadi mudah dan cepat.

6. Short Link

Konsumen baru merasa mudah untuk terhubung dengan Anda melalui fitur ini. Dengan memanfaatkan fitur ini, mereka bisa mengirim pesan ke perusahaan Anda dengan membagikan short link yang secara otomatis dihasilkan.

7. WhatsApp Web

Fitur ini memungkinkan bisnis Anda untuk menggunakan WhatsApp pada komputer, sehingga lebih mudah untuk merespon pertanyaan konsumen dan mengirimkan pesan dari desktop.

8. WhatsApp Group

Fitur ini memfasilitasi bisnis untuk membuat grup agar tetap terhubung dengan konsumen loyal dan juga digunakan untuk mempromosikan bisnis, membagikan update, dan membantu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan. Obyektif bisnis juga lebih terorganisir dengan baik dengan adanya pengelompok pelanggan ini.

9. Pesan Bisnis Interaktif

Anda bisa menambahkan tombol tertentu ke pesan Anda yang dapat memuat tujuan khusus. Di WhatsApp Bisnis, Anda akan mempunyai dua tipe pesan interaktif: quick reply dan CTA. Jika quick reply adalah pesan yang merespon pertanyaan umum, tombol CTA mengarahkan pengguna untuk melakukan panggilan atau mengklik halaman website tertentu. 

Tombol interaktif ini merupakan fitur apik yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Namun, fitur ini berbayar. Jika Anda ingin menggunakan tombol, Anda harus membayar setiap pesan yang Anda kirim yang memuat tombol CTA tersebut.

10. Statistik Pesan

Fitur statistik pesan di WhatsApp Bisnis memungkinkan bisnis untuk melihat metrik krusial terkait dengan interaksi konsumen. Fitur ini mencakup parameter seperti jumlah pesan yang dikirim atau dibaca. Singkatnya, jika Anda ingin tahu mengenai jumlah pesan yang dibaca, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mengecek hal tersebut. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menilik performa pesan Anda.

Tujuh Cara Memaksimalkan Bisnis dengan WhatsApp Bisnis!

1. Manfaatkan Database

Sebaiknya pengoptimalan pengiriman pesan tidak hanya berfokus pada pesan broadcast saja, namun perlu juga untuk membuat profil mereka karena beda persona audiens, maka pendekatan promosinya juga berbeda. Dengan memanfaatkan database yang ada, Anda bisa menggunakan kontak tersebut sebagai leads. 

Katakanlah setiap pesan WhatsApp dari seorang konsumen ― baik yang datang dari website maupun media sosial ― adalah sebuah lead. Kuncinya adalah data, yang membantu meningkatkan sales. Sangat mungkin untuk mengkonversi lead baru jika Anda mengusahakannya. Sehubungan dengan kemudahan penggunaannya, portal WhatsApp meningkatkan kemungkinan untuk memperoleh leads baru.

2. Loyalty Program

Anda bisa memanfaatkan daftar grup pada WhatsApp untuk memperoleh loyalitas konsumen yang lebih lagi. Hal ini dikarenakan konsumen pada daftar grup tertarik pada subyek atau diskusi grup. Di samping itu, persona brand sudah membangun sebuah koneksi yang kuat dengan follower mereka. Meskipun begitu, fitur WhatsApp Bisnis lainnya seperti daftar broadcast percakapan grup dan push notification memperkokoh aspek ini. 

Dengan adanya daftar grup, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk promosi loyalty program yang dibuat oleh perusahaan Anda. Loyalty program merupakan salah satu program yang dapat meningkatkan retensi pelanggan. Dengan memanfaatkan berbagai fitur WhatsApp Bisnis, promosi loyalty program pun jadi semakin lancar dan lebih terorganisir dengan baik.

Ketika konsumen puas dan setia, mereka cenderung untuk kembali kepada bisnis Anda dan merekomendasikannya kepada teman-temannya. Inilah mengapa penting untuk Anda berfokus pada retensi pelanggan. Selain melalui pesan broadcast untuk mempromosikan loyalty program bisnis Anda, Anda juga bisa menjaga loyalitas konsumen dengan mengirimkan pesan yang personalized untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan Anda.

3. Customer Feedback

Aspek penting lainnya untuk mengoptimalkan penggunaan WhatsApp Bisnis yaitu dengan memanfaatkan feedback konsumen untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa Anda. Bagaimanapun ulasan dari para pengguna produk atau jasa Anda yang memainkan peran penting dalam membantu mengoreksi jika terdapat kekurangan pada produk atau jasa itu sendiri dan sekaligus bisa untuk lebih memahami pengalaman konsumen dalam menggunakan produk atau jasa bisnis Anda. 

Anda tentu saja bisa mendapatkan insight yang akan sangat berharga dengan mengirimkan pesan broadcast yang memuat survei feedback mengenai produk atau jasa bisnis Anda. Dengan mendengarkan dan meninjau feedback dari konsumen, secara tidak langsung juga meningkatkan loyalitas sekaligus menaikkan sales karena Anda dapat melakukan perbaikan di banyak aspek berdasarkan pengalaman pengguna sendiri.

4. Remarketing & Retargeting

Dalam menjalankan bisnis tentu saja penting untuk melakukan evaluasi bisnis secara berkala untuk menilik hal-hal yang perlu diperbaiki demi meningkatkan kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berdasarkan evaluasi yang Anda dan tim Anda lakukan, Anda bisa melakukan remarketing dan retargeting

WhatsApp bisa menjadi sebuah tool yang sangat kuat untuk marketing produk atau jasa bisnis Anda. Pengiriman pesan berupa broadcast bisa dimanfaatkan untuk mengumumkan promosi dan juga update mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan WhatsApp marketing, Anda bisa meningkatkan visibilitas dan awareness tentang bisnis Anda dan tentu saja membantu menumbuhkan database konsumen Anda.

Selain remarketing dengan menggunakan WhatsApp marketing, tidak kalah penting juga untuk retargeting konsumen Anda. Salah satu caranya dengan profiling mereka sehingga Anda juga benar-benar tahu jika target pasar Anda sudah tepat atau belum.

5. Group

Membuat grup WhatsApp bisa menjadi sebuah cara yang bagus untuk tetap terhubung dengan konsumen Anda yang loyal. Anda bisa memanfaatkan keberadaan grup-grup tersebut untuk mempromosikan bisnis, membagikan update, dan membantu merespon pertanyaan-pertanyaan dari konsumen. Selain itu, pengelompokkan konsumen juga bisa menjadikan pendekatan yang dilakukan lebih tepat sasaran.

6. Katalog

Sebuah cara yang cukup jitu untuk mengiklankan produk dan jasa bisnis Anda di WhatsApp yaitu melalui katalog. Katalog WhatsApp membuatnya lebih sederhana sehingga konsumen dapat melihat dan membeli produk Anda karena Anda bisa menambahkan foto-foto, deskripsi, dan juga harga. Jadi Anda tidak perlu lagi mengirimkan foto produk dan deskripsinya satu-persatu secara manual. 

Melainkan konsumen sendiri bisa secara langsung menilik katalog dan memilih produk yang diinginkan yang akhirnya akan menghasilkan sebuah transaksi. Artinya, Anda dapat membantu mereka untuk menghemat waktu dan tentunya mendorong terjadinya peningkatan sales pada bisnis Anda.

7. Auto Responder

Konsumen tentu akan lebih suka dengan bisnis yang memberikan respon secara cepat. Dengan merespon cepat, Anda juga bisa menjaga reputasi baik perusahaan. Biasanya, konsumen juga lebih percaya dengan bisnis yang cepat dalam merespon. Khususnya untuk pelanggan baru, pesan otomatis untuk menyambut mereka sudah lebih dari cukup. 

Dengan memberikan sambutan hangat kepada konsumen, mereka akan merasa diterima dan dengan begitu mereka pun senang dengan kultur bisnis Anda. WhatsApp mempunyai fitur untuk mengirim greeting kepada konsumen yang baru pertama kali menghubungi Anda atau setelah 14 hari tidak ada aktivitas.

Selain ucapan greeting untuk konsumen baru dan ‘away message’. Pesan otomatis juga merupakan cara yang bagus untuk memastikan bahwa konsumen Anda selalu mendapat respon dengan cepat bahkan ketika Anda tidak sedang online WhatsApp. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk membantu Anda meningkatkan pengalaman konsumen dan memastikan tidak ada pertanyaan atau permintaan yang tidak terjawab.

Fitur auto-reply memungkinkan Anda untuk merespon konsumen setiap saat, bahkan di luar jam operasional bisnis. Pertanyaan-pertanyaan dari konsumen akan mendapatkan respon langsung dan cepat. Artinya, Anda dapat memfasilitasi resolusi untuk isu-isu konsumen dengan lebih cepat.

Nah, sekarang sudah tahu jurus jitu untuk mengoptimalkan bisnis bimbel Anda, kan? WhatsApp marketing bisa membantu Anda menjalankan bisnis bimbel secara efektif dan efisien. Kalau untuk strategi penagihan atau pembayaran digital bisnis bimbel Anda, Kasdana punya solusinya. 

Kasdana menjadi solusi manajemen tagihan dan membuat serta merekap penagihan jadi lebih mudah. Kurang dari 30 detik, invoice sudah jadi dan siap dikirim. Yuk, konsultasikan kebutuhan Anda dengan klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KASDANA | INVOICING SOFTWARE

Solusi berbasis cloud yang memudahkan pemilik usaha / enterprise dalam mengelola tagihan (invoice) kepada pelanggan secara online.

Office

Head Office: UGM Science Techno Park – Jl. Purwomartani, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

Jakarta Office: Eco Selaras Sudirman Residence Lt. 2, Jl. Jend. Sudirman No.86, Jakarta Pusat – 10250

© 2024 Kasdana powered by Gamatechno. All Rights Reserved